Adverb: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contoh Kalimat Dalam Bahasa Inggris

Dalam menyusun kalimat dalam bahasa Inggris, terkadang kita perlu mencantumkan informasi tambahan kepada pendengar. Jika menggunakan subjek dan verb, sebagai syarat minimum pembentukan kalimat, maka susunan kalimatnya akan memberikan kesan singkat dan kaku. Bayangkan apabila kalian berbicara dengan seseorang hanya dengan menggunakan dua elemen dalam kalimat berikut ini.
 I came (saya datang)
 You smile (kamu tersenyum)

Maka yang akan terjadi adalah komunikasi kalian tidak berjalan mulus. Oleh karena itu, kita perlu mencantumkan informasi tambahan, agar kalimat yang dirangkai menjadi lebih luwes. Sekarang, coba kalian bandingkan dengan dua contoh kalimat berikut.
 I came here with her (saya datang kemari bersama dia)
 You smile very beatifully (kamu tersenyum dengan sangat indah)

Pada dua contoh kalimat terakhir di atas, penulis menyertakan informasi yang berupa “here with her, dan very beautifully”. Informasi tambahan ini dalam bahasa Inggris disebut Adverb atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan kata keterangan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari pengertian, fungsi, jenis, pembentukan dan contoh adverb dalam bahasa Inggris. Untuk itu, silahkan kalian simak penjelasan berikut.
Adverb: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Contoh Kalimat Dalam Bahasa Inggris
Pengertian Adverb
Adverb (kata keterangan) adalah satu dari delapan part of speech yang digunakan untuk mendeskripsikan atau menerangkan verb (kata kerja), adjective (kata sifat), maupun adverb lain. Jika kalian menemukan sebuah kalimat dalam bahasa Inggris mengandung kata yang belakangnya diakhiri dengan ly seperti quckly, slowly, beautifully, dan sebagainya, maka kemungkinan besar itu adalah adverb. Dan ketika ada adverb, tentu ada salah satu dari ketiga unsur di atas (verb, adjective dan adverb) yang diterangkan.

Namun perlu kalian ketahui bahwa terdapat banyak adverb yang tidak membutuhkan akhiran ly seperti fast, well, dan sebagainya. Adverb bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan seperti how, in what way, when, dan where. Hal ini dikarenakan adverb dalam bahasa Inggris berguna untuk menunjukkan cara (manner), arah tempat (direction), waktu (time), frekuensi (frequency), kepastian (certainty), derajat (degree) dan sebagainya.

Contoh Kalimat Adverb
Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat yang di dalamnya terdapat adverb dengan sedikit penjelasannya.
 He talks fastly (fastly adalah adverb yang memodifikasi verb talks).
 She is very beautiful (very adalah adverb yang menerangkan adjective beautiful).
 He screams lound enough (enough adalah adverb yang memodifikasi adverb loud).
 I read only the books cover (only adalah adverb yang memodifikasi noun phrase the books cover ).
 Certainly, we need to talk (certainly adalah adverb yang memodifikasi sentence secara keseluruhan).

Fungsi Adverb
Fungsi adverb atau kata keterangan ini antara lain untuk mendeskripsikan verb (kata kerja), mendeskripsikan adverb (kata sifat) dan mendeskripsikan adverb (kata keterangan) lainnya. Berikut ini adalah contoh-contoh kalimatnya.
Fungsi Adverb
Contoh Kalimat
Mendeskripsikan Verb
completely agree with you.
(Saya sepenuhnya setuju denganmu.)
Mendeskripsikan Adjective
The room was good enough for me.
(Ruangan tersebut cukup baik untuk saya.)
Mendeskripsikan adverb lain
She speaks really fast.
(Dia berbicara dengan sangat cepat.)

Adapula adverbial yang berarti adverb atau konstruksi lain (adverbial phrase atau adverbial clause) yang berperan sebagai adverb. Perhatikan contoh kalimat adverb dan adverbial berikut ini.
Adverb
The waiter smiles politely.
(Pelayan tersebut tersenyum dengan sopan.)
Adverbial phrase
The waiter smiles in a friendly way.
(Pelayan tersebut tersenyum dengan ramah.)
Adverbial clause
The waiter smiled when I entered the restaurant.
(Pelayan tersebut tersenyum ketika saya masuk restoran.)

Jenis-Jenis Adverb
Berdasarkan fungsinya, adverb atau kata keterangan banyak sekali macamnya. Nah, berikut ini adalah beberapa macam adverb dengan pengertian dan contoh adverbnya.
 Adverb of Place & Direction (menjelaskan arah tempat). Adverb of Place adalah sebuah adverb (kata keterangan) yang digunakan untuk menunjukkan tempat atau arah sebuah kejadian, kegiatan, atau pun peristiwa terjadi. Contoh adverb of place adalah: Here, there, south, north, west, east, dll.
Contoh kalimat:
 He is watching the football match there.
(Dia sedang menonton pertandingan sepakbola disana.)
 I am in my home
(aku ada di dalam rumah)
 My boss is out.
(Bos saya sedang keluar.)
 Stay here.
(Diam di sini.)
 She always looks down.
(Dia selalu melihat ke bawah.)

 Adverb of Time (menjelaskan waktu). Adverb of Time adalah sebuah adverb (kata keterangan) yang digunakan untuk menunjukkan waktu terjadinya sebuah kegiatan, peristiwa, kejadian tertentu. Contoh adverb of time adalah: yesterday, tommorrow, now, later, last month, all day, for a year, dll.
Contoh kalimat:
 Lets begin to work now.
(Mari kita mulai bekerja sekarang.)
 Yusron always comes late.
(Yusron selalu datang terlambat.)
 The postman comes daily.
(Tukang post datang setiap hari.)

 Adverb of Manner (menjelaskan cara). Adverb of manner adalah sebuah adverb (kata keterangan) yang digunakan untuk menunjukkan sebuah cara (way) sebuah aktivitas atau kegiatan dan bagaimana (how) sebuah kejadian atau peristiwa terjadi. Contoh adverb of manner adalah: accidentally, angrily, anxiously, automatically, awkwardly, badly, beautifully, blindly, dll.
Contoh kalimat:
 The soldiers fight bravely.
(Para tentara berperang dengan berani.)
 The students compete fairly.
(Para siswa bersaing secara adil.)
 She stared at me curiously.
(Dia menatapku dengan rasa penasaran.)

 Adverb of Degree (menjelaskan derajat). Adverb of dergree adalah sebuah adverb (kata keterangan) yang digunakan untuk menjelaskan atau menunjukkan intensitas maupun derajat, tingkatan sebuah aksi, kegiatan, dan peristiwa yang terjadi. Contoh adverb of dergree adalah: amazingly, awfully, so, enough, very, too, much, dll.
Contoh kalimat:
 He came rather late.
(Dia datang agak terlambat.)
 She is very beautiful.
(Dia sangat cantik.)
 Farhat reads quite clearly.
(Farhat membaca dengan cukup jelas.)
 Dhani sings pretty well.
(Dhani menyanyi dengan cukup baik.)

 Adverb of Frequency (menjelaskan frekuensi). Adverb of frequency adalah sebuah adverb (kata keterangan) yang menjelaskan sebuah frekuensi kejadian atau peristiwa terjadi. Contoh adverb of frequency adalah: always, usually, often, seldom, daily, hourly, twice, dll.
Contoh kalimat:
 often forget her name.
(Saya sering lupa namanya.)
 She seldom visits her mother.
(Dia jarang mengunjungi ibunya.)
 I have told you twice.
(Saya sudah memberitahumu dua kali.)

 Adverb of Purpose (menjelaskan alasan atau tujuan). Adverb of Purpose adalah sebuah adverb yang digunakan untuk menunjukkan sebuah tujuan atau alasan sebuah aksi yang dilakukan, terjadi dan akan terjadi. Contoh adverb of purpose adalah: so, lest, so that, to, in order to, because, since, accidentally, intentionally, purposely, therefore, hence, dll.
Contoh kalimat:
 My sister go to school at 7.00 am.
(Adikku berangkat ke sekolah pukul 7 pagi.)
 Lisa bring an umbrella because the sky is cloudy.
(Lisa membawa payung karena langit mendung.)

 Adverb of Certainty/Modality (menjelaskan kepastian/harapan). Adverb of certainty adalah sebuah adverb (kata keterangan) yang difungsikan untuk menjelaskan dan menunjukkan tingkat keyakinan pada sebuah aksi, tindakan, kejadian, yang dilakukan, akan dilakukan, dan telah dilakukan. Contoh adverb of certainty adalah: certainly, definitely, surly, probably, undoubtedly, clearly, obviously, maybe, perhaps, dll.
Contoh kalimat:
 It will probably rain tonight.
(Mungkin akan hujan malam ini.)
 I will certainly help you.
(Saya pasti akan menolong Anda.)
 Yudi is obviously very clever.
(Yudi sudah jelas sangat pintar.)

 Adverb of Quantity (menjelaskan kuantitas). Adverb of quantity adalah sebuah adverb (kata keterangan) yang digunakan untuk menjelaskan sebuah kuantitas atau jumlah tertentu. Contoh adverb of quantity adalah:  lots,  few, too many, much, little, dll.
Contoh kalimat:
 My mother pour lots of salt on the soup.
(Ibuku menaburkan banyak sekali garam ke dalam sup.)
Those are too many people.
(Di sana terlalu banyak orang.)

 Relative Adverb (pembuka clause). Relative adverb adalah sebuah sebuah adverb (kata keterangan) yang digunakan untuk mengawali dan menunjukkan clause yang menerangkan noun dalam sebuah complex sentence. Contoh relative adverb adalah; where, when, why.
Contoh kalimat:
 I am living in the village where my mother born.
(Aku tinggal di desa dimana ibuku dilahirkan.)
 Her smile is so sweet, thats why I love her.
(Senyumnya sangat manis, itulah mengapa aku mencintainya.)

 Conjunctive Adverb (penghubung clause). Conjunctive adverb adalah adverb yang memiliki fungsi sebagai konjungsi atau sebagai penghubung antara dua independent clause. Contoh relative adverb adalah: certainly, comparatively, consequently, contrarily, conversely, currently, elsewhere, equally, dll.
Contoh kalimat:
 Life is hard. However, life can be fun.
(Hidup itu berat. Namun bisa menyenangkan.)
 The market is very difficult these days. Consequently, we need to focus on what works best for our customers.
(Kondisi pasar sangat sulit hari ini. Akibatnya, kami perlu fokus mengenai apa yang terbaik untuk pelanggan.)

 Interrogative Adverb (bentuk pertanyaan). Interrogative adverb adalah sebuah adverb (kata keteranagn) yang digunakan untuk mengajukan sebuah pertanyaan. Contoh interrogative adverb adalah: why, where, when, and how.
Contoh kalimat:
 Where are you going tonight?
(Ke mana Anda akan pergi malam ini?)
 How long will you stay in Makassar?
(Berapa lama Anda akan tinggal di Makassar?)

 Focusing Adverb (Keterangan pemfokusan) adalah adverb untuk menunjukkan bahwa apa yang dibicarakan terbatas pada bagian yang difokuskan. Contoh focusing adverb adalah: also, just, only, dll.
Contoh kalimat:
Only you applied for the position.
(Hanya kamu yang melamar posisi tersebut.)

Adverbial Placement dan Order
Adverb Placement: adverb mungkin dapat ditempatkan di awal (Maybe I call her tonight), tengah (Theyve recently went home), atau akhir kalimat (He always drives fast) tergantung macam adverb-nya. Jika ada lebih dari satu kata keterangan di dalam suatu kalimat, kita perlu mengikuti aturan adverb order: manner  place  frequency  time  purpose.
Contoh Kalimat Adverbial Order:
He studied hard at school last year 
to get good grades
(Dia belajar keras di sekolah tahun 
kemarin untuk mendapatkan 
peringkat yang bagus.)
Keterangan:
hard = adverb of manner
at school = adverbial of place
last year = adverbial of time
to get good grades = adverbial of purpose

Adverbial Degrees
Adverb dapat digunakan untuk membuat perbandingan. Kata ini dapat mengalami perubahan bentuk sesuai dengan jenis perbandingannya.
Degree of Comparison
Penjelasan dan Contoh
Positive Degree
membandingkan kesetaraan

Contoh:

She walks as slowly as a turtle.
(Dia berjalan selambat kura-kura.)
Comparative Degree
membandingkan dua hal

Contoh:

She walks more slowly than a turtle.
(Dia berjalan lebih lambat dari kura-kura.)
Superlative Degree
membandingkan tiga hal atau lebih

Contoh:

She runs the most slowly in my class.
(Dia berlari paling lambat di kelas saya.)
Adverbial Phrase
Adverbial phrase merupakan kelompok kata yang terdiri dari adverb dengan qualifier (very, so, enough, etc) atau kelompok kata seperti: prepositional phrase atau infinitive phrase yang berfungsi seperti adverb.
Adverbial Phrase
Contoh
Adverb + Qualifier
very fast, so quickly
Prepositional Phrase
before lunch, during the war
Infinitive Phrase
to pass the exam, to gain weight


Adverbial Clause dan Reduced Adverbial Clause
Adverbial clause merupakan dependent clause yang berfungsi sebagai kata keterangan dan memberikan informasi tentang verb, adjective, atau kata keterangan lain pada independent clause di dalam suatu complex sentence. Klausa ini mungkin dapat dipersingkat (reduced adverbial clause) jika di dalam complex sentence hanya terdapat satu macam subject.
adsContoh Kalimat
Adverbial Clause
Contoh Kalimat Reduced
Adverbial Clause
Because he didnt feel well, he went to bed early.
(Karena tidak merasa sehat, dia pergi tidur lebih awal.)
Not feeling well, he went to bed early.

Pembentukan Adverb
Ada beberapa adverb yang kata dasarnya bukan dari kelas kata adverb, melainkan dari kelas kata yang lain yaitu adjecticve, berikut adalah beberapa adjective yang mengalami perubahan menjadi adverb.

1. Perubahan yang pertama adalah penambahan suffix-“ly” pada adjective dan merubahnya menjadi adverb. Misalnya;
Adjective
Adverb

Quick
Quickly

Sudden

Suddenly

Straightforward

Straightforwardly

Slow
Slowly

Cheap
Cheaply



2. Kemudian pembentukan adverb dari adjective berakhiran y, kemudian diganti dengan “-i” lalu ditambahkan suffix “-ly“. Misalnya;
Adjective
Adverb

Happy
Happily

Easy
Easily

Angry
Angrily

Lucky
Luckily

Lazy
Lazily

Hungry
Hungrily



3. Yang ketiga yaitu pembentukan adverb dari adjective yang berakhiran ic, untuk mengubahnya menjadi adverb, caranya adalah dengan menambahkan suffix “ally”. Misalnya;
Adjective
Adverb

Basic
Basically

Tragic
Tragically

Economiic
Economically

Historic
Historically


4. Dan yang terakhir yaitu pembentukan adverb dari adjective yang berakhiran “able”, “-ible”, atau “-le”, dengan cara menghilangkan “e” lalu tambahkan “-y”. Misalnya;
Adjective
Adverb

Terrible
Terribly

Comfortable
Comfortably

Incredible
Incredibly

Probable
Probably

Gentle
Gently


5. Dan ada beberapa adverb yang memiliki bentuk yang sama dengan adjcetive sebagai berikut; early, fast, hard, high, late, near, straight, wrong, etc.

Sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Subjunctive: Pengertian, Fungsi, Rumus Penggunaan dan Contoh Kalimat

Pengertian, Fungsi Dan Contoh Kalimat Non-Defining Clause (Non-Restrictive Relative Clause) Dalam Bahasa Inggris