Relative Clause: Pengertian, Jenis, Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris + Soal dan Pembahasan

Coba kalian perhatikan dua kalimat berikut ini:
1. The woman is my sister
2. She is waiting for someone
Kita bisa menggabungkan dua kalimat di atas menjadi seperti berikut:
The woman who is waiting for someone is my sister
Sebenarnya, kita cukup saja mengatakan:
The woman is my sister
Tetapi mungkin kita ingin memperjelas pernyataan kita dengan mengatakan:
The woman who is waiting for someone is my sister
Kalimat “who is waiting for someone” digunakan sebagai informasi tambahan untuk memperjelas the woman. Contoh inilah yang dinamakan Relative Clause.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai definisi, rumus, penggunaan dan contoh kalimat relative clause dalam bahasa Inggris. Untuk itu, silahkan kalian simak baik-baik penjelasan berikut ini. Selamat belajar dan semoga berhasil.

Pengertian Relative Clause
Relative clause adalah klausa dependent atau dalam bahasa Indonesia kita sering menyebutnya dengan anak kalimat. Ia memiliki subject dan verb (kata kerja), tetapi ia tidak dapat berdiri sendiri sebagai sebuah kalimat yang utuh. Relative clause juga bisa disebut dengan adjective clause karena fungsinya sebagai adjective yang memberikan sifat tambahan tentang kata benda yang ingin dijelaskan dalam sebuah kalimat.
Relative Clause: Pengertian, Jenis, Contoh Kalimat dalam Bahasa Inggris + Soal dan Pembahasan
Relative clause berfungsi untuk menambahkan informasi tentang sebuah kata dalam kalimat. Jika mereka dihilangkan dalam sebuah kalimat tersebut, maka kalimat utama masih dapat dimengerti. Relative clause selalu diawali dengan relative pronoun yang menggantikan kata benda, frase kata benda, atau kata ganti benda apabila induk kalimat (independent clause) dan anak kalimat (dependent clause) digabungkan.

Macam-Macam Relative Pronoun
Relative Pronoun
Fungsi
Who
Menjelaskan subjek berupa orang (manusia).
Whom
Menjelaskan objek berupa orang.
Whose
Menjelaskan kepemilikan orang atau benda.
That
Menjelaskan orang atau benda, baik sebagai subjek maupun objek dan hanya digunakan pada jenis restrictive clauses.
Which
Menjelaskan subjek atau objek berupa benda.

Contoh Kalimat Yang Mengandung Relative Pronoun
 The woman lives next to my house. The woman is very beautiful.
The woman who [she] lives next to my house is very beautiful.
 The cat is so cute. The cat likes eating chicken.
The cat which [it] is so cute likes eating chicken.
 A woman is a teacher. Her fathers birds are great at warbling.
A woman whose fathers birds are great at warbling is a teacher.
 I met a man on the street. He helped me to carry my stuff.
I met a man whom helped me to carry my stuff on the street.
 I bought a new dress yesterday. The dress is very beautiful.
I bought a new dress which is very beautiful yesterday.

 My friend gave me a birthday surprise. He is my classmate.
My friend that gave me a birthday surprise is my classmate.

Selain relative pronoun, induk dan anak kalimat juga dapat dihubungkan dengan menggunakan relative adverb. Relative adverb adalah kata keterangan yang biasa digunakan untuk menjadi pengenal dari relative clause. Fungsinya sama seperti relative pronoun, yaitu memberikan informasi tambahan terhadap independent clauses (kalimat utama/induk kalimat).

Macam-Macam Relative Adverb
Relative Pronoun
Fungsi
Where
Merujuk pada tempat atau lokasi.
When
Merujuk pada waktu.
Why
Merujuk pada alasan.

Contoh Kalimat Yang Mengandung Relative Adverb
 The hotel where I take a nap is good.
 There are times when you feel so enthusiasm.
 This is why I really love her.

Jenis Relatif Clause
Ada dua jenis klausa di dalam relative clause, yaitu: restrictive clause dan non-restrictive clause. Tahukah kalian apa perbedaan dua jenis klausa tersebut? berikut ini penjelasannya.
 Restrictive Clauses
Restrictive clause menjelaskan tentang orang atau benda yang spesifik dalam sebuah kelompok orang atau benda. Apabila klausa ini dihilangkan, maka arti kalimat tersebut akan berubah secara signifikan. Restrictive clause tidak dipisahkan dari bagian kalimat yang lain dengan koma.
Contoh:
 The employee who had the best sales got reward from my boss.
 The mobile phone that is given by my father is already broken.
 The bird which was cared by my father was died yesterday.
 The woman that I took to her office this morning was actually my mothers friend.

 Non-Restrictive Clauses
Non-restrictive clause memberikan informasi tambahan tentang orang atau benda yang sedang kita bicarakan. Apabila non-restrictive clause dihilangkan, maka sebagian informasi detilnya hilang, namun makna keseluruhannya tidak berubah atau tetap sama. Non-restrictive clause selalu dipisahakan dengan tanda koma.
Contoh:
 The man, who is 50 years old, helped me to cross the street this morning.
 My cat, which is very fat, went away from home..
 A movie actress, who is very beautiful, got and accident and was hospitalized last week.
 My grandmother, who is 90, likes swimming very much.

Lebih Banyak Contoh Kalimat Relative Clause
Contoh Kalimat dengan Relative Pronoun “Who”
 I met the man who helped me fixed my bicycle.
(Aku bertemu dengan pria yang membantu memperbaiki sepedaku)
 The girl who won the Sea Games feels happy.
(Wanita yang memenangkan Sea Games sangat senang)
 The teacher who teaches Mathematic in my school is die.
(Guru yang mengajar Matematika di Sekolah sekarang meninggal)
Someone who lives near my house is very nice.
(Seseorang yang tinggaldekat rumahku sangat baik)
 Julia who is my English teacher is sick.
(Bu Julia guru bahasa Inggrisku sedang sakit)

Contoh Kalimat dengan Relative Pronoun “Whose”

 There is a man whose car was stolen.
(Itu adalah pria yang mobilnya di curi)
 The people whose window I broke got really angry.
(Orang yang jendelanya aku rusak sangat marah)
 I have a classmate whose father is famous singer.
(Aku punya teman sekelas yang ayahnya adalah seorang penyanyi terkenal)
 Miss Eka is the teacher whose subject I love the most.
(Bu Eka adalah guru yang pelajarannya paling aku suka)
 The woman whose son was in an accident called an ambulance.
(Wanita yang anaknya kecelakan memanggil ambulan)

Contoh Kalimat dengan Relative Pronoun “That”
 The box that I sent to my sister was heavy.
(Kotak yang aku kirim untuk adikku sangat berat)
 I lost the book that I borrowed from my friend.
(Aku menghilangkan buku yang aku pinjam dari temanku)
 A person that doesnt read will lack of knowledge.
(Orang yang tidak membaca akan kurang pengetahuan)
 I loved the shoes that I bought yesterday.
(Aku suka sepatu yang aku beli kekmarin
 The fruits that I bought in supermarket were expensive.
(Buah-buahan yang aku beli di supermarket sangat mahal)

Contoh Kalimat dengan Relative Pronoun “Whom”
 She whom I give bread  thanks me.
(Dia yang aku beri roti, berterima kasih padaku)
 She whom I sang song was my girlfriend.
(Dia yang aku nyanyikan lagu, adalah kekasihku)
 Mr. Fitroh whom I sent letter was my teacher.
(Pak Fitroh yang aku kirim surat adalah guruku)
 The one whom I love was gone.
(Satu-satunya orang yang aku sayangi telah pergi)
 I talked to the woman whom I saw in the party.
(Aku berbicara pada wanita yang aku temui saat pesta)

Contoh Kalimat dengan Relative Pronoun “Which”
 Tina brings the book which I gave her yesterday.
(Tina membawa buku yang aku berikan kepadanya kemarin)
 The book which I need to read was sold.
(Buku yang aku inginkan untuk kubaca telah terjual)
 The book which has red cover is mine.
(ku mengambil nomor dari kartu yang aku takuti)
 I hate the movie which shows Angelina Jolie as the cast.
(Aku membenci film yang memunculkan Angelina Jolie sebagai pemeran)
 My father was working in the company which has so many employees.
(Ayahku bekerja di perusahaan yang  memiliki banyak pekerja)

Contoh Kalimat dengan Relative Adverb “Where”
 I never go to school where my mother was study.
(Aku tidak pernah pergi ke sekolah dimana ibuku bersekolah)
 We were going to Sahara where camels were lived two weeks ago.
(Kami pergi ke Sahara dimana unta-unta tinggal 2 minggu lalu)
 I drank two bottles of coffee in the Indomaret where i wasnt find any wifi.
(Aku minum 2 botol kopi di Indomaret dimana aku tidak menemukan wifi)
 Jember University where my sister works at was a huge university.
(Universitas Jember dimana adikku bekerja adalah universitas besar)
 There were a lot of beautiful destinations in Maldives where I dreamt to go.
(Ada beberapa tujuan-tujuan indah di Maldives dimana aku memimpikan untuk pergi kesana)

Contoh Kalimat dengan Relative Adverb “When”
 I was so happy when I accepted in favorite school.
(Aku sangat senang saat aku keterima di sekolah favorit)
 My mom said she will give me gift when my birthday come.
(Ibuku bilang akan memberikanku kado saat ulang tahunku)
 When I was 10 years old, I used to play the kite.
(Saat aku berumus 10 tahu, aku biasanya bermain layang-layang)
 My sister always disturbed me when I was studying.
(Adikku selalu menggangguku saat aku belajar)
 I want to be a techer when I grow up.
(Aku ingin menjadi guru saat aku tumbuh besar)

Contoh Kalimat dengan Relative Adverb “Why”
 I dont know why she angry to me.
(Aku tidak tahu kenapa dia marah kepadaku)
 They didnt tell me why Baron and Roki was fighting.
(Mereka tidak menceritakan padaku kenapa Baron dan Roki bertengkar)
 Moana asked me why I leave my house.
(Moana bertaya padaku kenapa aku meninggalkan rumah)
 Galih explained to me why he got C score.
(Galih menjelaskan padaku kenapa dia mendapat nilai C)
 Now I understand why my neighboor moves to Irlandia.
(Sekarang aku mengerti kenapa tetanggaku pindah ke Irlandia)

Contoh Soal:
Do you know Audri .... writing was presented yesterday?
A. Who
B. Whom
C. That
D. Which
E. Whose

Pembahasan:
Relative clause pada kalimat di atas dimulai dengan kata benda writing. Oleh karena itu, kata penghubung yang tepat adalah whose.

Latihan Soal:
Latihan soal merupakan cara terbaik untuk mengasah kemampuan dalam memahami dan menggunakan relative clause. Selain itu, latihan mampu mengatasi kebingungan karena tidak bisa membedakan jenis kata ganti yang tepat untuk menghubungkan dua buah kalimat. Berikut merupakan contoh soal relative clause.
I met a woman … is angry to everybody.
The girl … I asked gave me some cake.
I know the boy … toy is pricey.
Ill show you the book … she gave to me.
The old man with … you came to the school is my uncle.

Pembahasan:
Di kalimat pertama, kata yang digunakan adalah who. Karena menjelaskan subyek sebagai manusia di depannya. Kalimat kedua menggunakan whom. Kalimat ketiga menggunakan whose. Kalimat keempat menggunakan which, dan kalimat terakhir menggunakan whom.

Sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Subjunctive: Pengertian, Fungsi, Rumus Penggunaan dan Contoh Kalimat

Pengertian, Fungsi Dan Contoh Kalimat Non-Defining Clause (Non-Restrictive Relative Clause) Dalam Bahasa Inggris