3 Macam Verb Mood dalam Bahasa Inggris, Pengertian dan Contoh Kalimat

Pengertian Verb Mood
Secara sederhana, “Mood” dapat dipahami sebagai tone atau nada suatu kalimat. Mood mengimplikasikan tujuan suatu kalimat sehingga dapat dikatakan, mood cukup penting fungsi dan kehadirannya dalam kalimat. Menurut pengertiannya, mood dalam verb mood ternyata memang berhubungan dengan perasaan (feeling) seseorang. Dalam hal ini, mood mengekspresikan perasaan Speaker (Pembiacara) terhadap apa yang diucapkan atau dituliskan.
pengertian, macam-macam/jenis, dan contoh kalimat verb mood
Kehadiran mood dalam sebuah tulisan atau kalimat sama pentingnya dengan mood dalam kehidupan kita, coba bayangkan kalau kita tidak mood melakukan sesuatu, pasti akan berdampak dalam proses melakukan sesuatu tersebut. Nah ternyata, mood suatu kalimat diekpresikan oleh verb atau kata kerjanya, itulah sebabnya muncul istilah verb mood dalam pelajaran bahasa Inggris.

Dalam bahasa inggris, Mood is the form of the verb that shows the mode or manner in which a thought is expressed. Denga kata lain, verb moodmerupakan suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk mengekspresikan apa yang dilakukan oleh penulis atau pembaca atau bisa juga kata kerja yang digunakan untuk menunjukkan perasaan si penulis terhadap suatu hal.

Jenis-Jenis Verb Mood dan Contoh Kalimatnya
Terdapat tiga macam verb mood yang pling sering ditemui (tapi tidak disadari) dalam suatu kalimat, yakni indicative mood, imperative mood, dan subjunctive mood. Berikut ini penjelsan atau pengertian masing-masing jenis mood tersebut beserta contoh kalimatnya.
Indicative Mood
Indicative mood dikenal juga dengan istilah fact mood atau mood fakta. Maksudnya, kalimat  yang memiliki verb mood ini biasanya menyatakan, menanyakan atau membantah/menolak sebuah fakta atau kenyataan. Selain itu, indicative mood dalam kalimat bisa juga bermaksud untuk menyatakan pendapat karena biasanya pendapat dikatakan seolah-olah ia adalah fakta.

Fungsi dari indicative mood adalah untuk membuat pernyataan (make a statement) atau bertanya (ask a question). indicative mood adalah jenis verb mood yang mungkin paling sering kita gunakan. Sebagian besar kalimat, baik itu kalimat pertanyaan ataupun pernyataan, menggunakan verb mood ini.

Contoh Indicative Mood:
No.
Contoh Kalimat
1
People with green eyes are rare to find.
(Orang dengan mata hijau jarang ditemukan.)
2
Do you know the man who is talking to Andy?
(Apakah kamu tahu siapa pria yang sedang berbicara dengan Andy?)
3
Do you know the man who is talking to me?
(Apakah kamu tau seseorang yang berbicara padaku?)
4
Do you know a girl who is fallin in love with him?
(Apakah kamu tau seorang gadis yag jatuh cinta pada laki-laki itu?)
5
Jakarta is the central city of Indonesia.
(Jakarta adalah ibukota Indonesia.)

Imperative Mood

Imperative mood dikenal juga dengan istilah command mood atau mood yang bernada memerintah. Jadi jelas, fungsinya adalah untuk memberikan perintah/instruksi (give an order), memohon atau meminta (make a request), dan menyarankan untuk melakukan sesuatu atau memberi nasehat (give advice). Umumnya, subject kalimat imperative adalah sebuah subject yang tidak dinyatakan (tidak dituliskan) atau kita kenal dengan sebutan tersirat, yakni subject “you”.

Contoh Imperative Mood:
No.
Contoh Kalimat
1
Turn off the lights.
(Matikan lampu.)
2
Eat less meat to lose your weight.
(Makan lebih sedikit daging untuk menurunkan berat badanmu.)
3
Turn off the television please
(Tolong matikan tivi-nya.)
4
Please stop here .
(Tolong berhenti disini.)
5
Dont disturb me please.
(Tolong jangan ganggu aku.)

Subjunctive Mood
Subjunctive mood adalah mood pengandaian. Suatu kalimat dengan subjunctive mood adalah kalimat-kalimat pengandaian yang bertentangan dengan kenyataan, kalimat-kalimat imajinatif, dan kalimat-kalimat yang berisi harapan. Jadi jelas bahwa subjunctive berfungsi untuk menyatakan keinginan (wish), keraguan atau spekulasi (as if, as though), pengandaian yang tidak sesuai dengan kenyataan, dan nasehat atau permintaan tidak langsung (indirect advice and request). Verb mood jenis ini jarang digunakan, baik pada tulisan maupun percakapan (conversation) bahasa Inggris.

Contoh Imperative Mood:
No.
Contoh Kalimat
1
I wish my mother were here.
(Saya ingin ibu saya disini.)
2
He sat on my desk as if theres no better place in the world.
(Dia duduk di meja saya seakan-akan tidak ada tempat lebih baik di dunia.)
3
I wish I could do this task.
(Aku berharap aku dapat mengerjakan tes ini.)
4
If you are not busy, please pick me up.
(Jika kamu tidak sibuk, tolong jemput aku.)
5
We wish you come here.
(Kami berharap kamu datang kemari.)

Sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Subjunctive: Pengertian, Fungsi, Rumus Penggunaan dan Contoh Kalimat

Pengertian, Fungsi Dan Contoh Kalimat Non-Defining Clause (Non-Restrictive Relative Clause) Dalam Bahasa Inggris

Abstract Noun: Pengertian, Jenis, Contoh Kata & Kalimat, Fungsi dan Pembentukannya Dalam Bahasa Inggris Lengkap